Main Article Content

Abstract

Karya sastra merupakan gambaran kehidupan sosial masyrakat yang disusun fiktif namun tetap terangkat dari fakta-fakta empiris. Naskah drama Harimau di Hari yang ke–10 adalah karya sastra dari Syekh Zakaria Tamir yang hidup di zaman Perang Dunia I dan II.  Seperti kita saksikan bersama bahwa pengarang merupakan kelahiran Suriah, hidup ketika sedang terjadi perang dunia I dan II. Bangsa Suriah yang merupakan turunan bangsa Semit memiliki kebudayaan tinggi dan sempat menguasai wilayah yang cukup luas dari masa ke masa baik pra Islam maupun pasca Islam, pada saat itu (kondisi ketika pengarang membuat naskah) bahkan sampai kini kekuatan dan kehebatan bangsa Suriah sudah dikuasai oleh bangsa asing yaitu Perancis (Suriah di bawah kendali Perancis) dan negara-negara barat lainnya. Melakukan analisis naskah drama dengan menggunakan pendekatan semiotik sama seperti menganalis naskah jenis sastra lainnya yang menggunakan pendekatan semiotik, yaitu bertujuan menemukan makna yang terkandung di balik setiap tanda. Simbol-simbol yang ditampilkan adalah simbol Hamriamu sebagai lambang kekuatan, lapar sebagai lambang kelemahan, pawang sebagai lambang kecerdikan, penonton sebagai lambang provokasi.

Keywords

Nilai Budaya, Bangsa Arab, Drama Harimau, Kajian Semiotika

Article Details

How to Cite
Khambali. (1). SIMBOL DAN NILAI BUDAYA BANGSA ARAB (SURIAH) PADA NASKAH DRAMA HARIMAU DI HARI KE – 10 SYEKH ZAKARIA TAMIR: KAJIAN SEMIOTIKA. DIRASAT: Jurnal Studi Islam Dan Peradaban, 13(02), 83-101. Retrieved from https://dirasat.id/JSIP/article/view/96

References

  1. Aitchison, Jean, Linguistic, London: University of Oxford. 1999.
  2. A. Ibrahim, Qasim dan Muhammad A. Saleh. Buku PIntar Sejarah Islam Jejak Langkah Peradaban Islam dari Masa Nabi hingga Masa Kini. Jakarta: zaman. 2014.
  3. Barnet, Sylvan. A Short Guide to Writng about Literature. Boston: Batsford Academic and Educational 1986.
  4. Chandler, Daniel. The Basic Semiotics. New York: Routledge. 2005
  5. Culpeper, Jhonatan. Mick Short and Peter Verdonk, Exploring the Language of Drama From Text to Context. London: Routledge. 1992.
  6. Danesi, Marcel. A Basic Textbook in Semiotics and Communnication. Toronto: Canadian Scholars’ Press. 2004.
  7. Hitti, Philip K. History of the Arabs. Jakarta: Serambi. 2002.
  8. Klarer, Mario. An Introduction to Literary Studies. London and New York: Routledge. 2004.
  9. Knickerbocker, K.L and others. Interpreting Literature. Florida: Harcout Brace Jovanovich College Publisher. 1970.
  10. Rokhmansyah, Alfian. Studi dan Pengkajian Sastra Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Jogjakarta: Graha Ilmu. 2014.
  11. http://en.wikipedia.org/wiki/Zakaria_Tamer.