Main Article Content

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakatnya, bangsa dan negara . Untuk mewujudkan tujuan Pendidikan di Indonesia salah satu faktor yang paling penting dan sangat mempengaruhi adalah keprofesioanalan guru di dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Guru merupakan pekerjaan profesi, Seorang guru dalam proses belajar mengajar harus memiliki kompetensi tersendiri agar dapat menuju Pendidikan yang berkualitas, efektif dan efisien serta mencapai tujuan pembelajaran . Peningkatan profesionalitas harus didukung oleh kondisi yang kondusif, artinya tingkat kesejahteraan yang memadai dan mekanisme control yang efektif. Hal itu merupakan langkah yang sangat strategis dalam upaya mewujudkan reformasi Pendidikan Nasional.

Keywords

Profesionalisme pendidik, Kompetensi, Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Liyanatul Qulub. (1). PROFESIONALISME PENDIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN. DIRASAT: Jurnal Studi Islam Dan Peradaban, 14(01), 29-44. Retrieved from https://dirasat.id/JSIP/article/view/75

References

  1. Buku Panduan PAUD. Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka. 2010.
  2. El Khuluqo, Ihsana. Belajar dan Pembelajaran, Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta :Pustaka Pelajar. 2017.
  3. Hamalik, Omar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara. 2004.
  4. Ni’am, Sholeh Asrorun. Membangun Profesionalitas Guru. Jakarta: Elsas Jakarta. 2006.
  5. Mustari, Mohamad. Manajemen Pendidikan. Depok: Rajawali Pers. 2018.
  6. Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan; Aplikasi, strategi, dan Inovasi. Jakarta: Prenadamedia Group. 2018,
  7. Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2006.
  8. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Dicetak oleh Percetakan PT. Gramedia, Jakarta 2008.
  9. Wiyani, Ardy Novan. Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: R-Ruzz Media. 2012.