Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar membaca (qirā’ah) mahasiswa semester II tahun akademik 2016/2017. Prodi. Pendidikan Agama Islam, STAI Indonesia Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional pada taraf signifikansi 0,05. Data dikumpulkan menggunakan instrumen yaitu tes membaca bahasa Arab. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar qirā’ah pada penerapan pembelajaran koopeartif MM lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif NHT.

Keywords

Model Pembelajaran, pembelajaran kooperatif, Hasil membaca

Article Details

How to Cite
Khambali. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTERHADAP HASIL MEMBACA. DIRASAT: Jurnal Studi Islam Dan Peradaban, 13(01), 1-12. Retrieved from https://dirasat.id/JSIP/article/view/66

References

  1. Abidin, Yunus. Desain Sisitem Pembelajaran dalam Konteks kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditam. 2014
  2. Bohlin, Lisa, Cheyl Cisero Durwin, dan Marla Reese Webe. Edpsych. New York: Mc.Growhill. 2012.
  3. Brown, H. Douglas. Language Assesment Principles and Classroom Practices. Longman: t.p.
  4. Daelami. Standarisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. 2016.
  5. Hermawan, Asep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.
  6. Jihad, Asep dan Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. 2012.
  7. John W. Santrock. Educational Psychology. New York: Mcgrowhill. 2006.
  8. Jolliffe, Wendy. Cooperative Learning in the Class Putting it Into Practice. London: Paul Chapman Publishing. 2007.
  9. Kagan, Spencer & Miguel Kagan. Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing. 2009.
  10. Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada. 2014.
  11. Lehay, Benjamin B. Psychology an Introduction. New York: Mc.growhill. 2012.
  12. Lie, Anita. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo. 2010.
  13. Marzano, Robert J. dan John S. Kendall. The New Taxonomy of Educational Objective. California: Corwin Press. 2007.
  14. Nuttall, Christine. Teaching Reading Skills in a Foreign Language. Oxford: Heinemann International. 1989.
  15. Saefuddin, H. Asis dan Ika Berdiati. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  16. Sternberg, Robert J. Thinking Styles. New York: Cambridge. 2009.
  17. ________________, Nature Creativity: Creativity Journal Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.
  18. Rusman. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press. 2013.
  19. Rissner, Criptoph. Seminar work Mind Maps. 2003.
  20. Sadia, I Wayan. Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2014.
  21. Santrock, John W. Educational Psychology. New York: Mc.growhill. 2006.
  22. Slavin, E. Robert. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Kedelapan. Jakarta: PT.Indeks. 2008.
  23. Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya. 2009.
  24. Wahyuni, Sri dan Abd. Syukur Ibrahim. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama. 2012.
  25. Woolfolk, Anita. Educational Psychology. Boston: Pearson. 2007.
  26. Zang, Li Fang, Robert J. Sternberg, dan Stephen Rayner. Handbook of International Intellectual Style. New York: Springer Publishing Company. 2012.
  27. فواز بن فتح الله الراميني، الكشاف ا أ لمين في معايير فنون اللغة العربيية و طرائق تدريسها المتمركزة على المتعلم
  28. عدنان يوسف العتوم و عبد الناصر ذياب الجراح، موفق بشارة. مهارات التفكير نماذج نظرية و تطبيقات عملية. عمان: دار المسيرة. 2007 .
  29. حمد هداية الله زركشي. اللغة العربية في اندونيس ية دراسة و تاريخيا. لاهوري باكس تان: تسيس جامعة بنجاب. 1991 .
  30. خالد بن خاطير العبيدي. مس تقبل التبية العربية. المركز العربي التعليمي و التنمية. 2012