Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan iso 9001 dalam manajemen dakwah masjid al-ikhlash jatipadang dan mengetahui bagaimana hasil dari implementasi tersebut dapat memberikan nilai mutu atau mencapai tujuan yang ditargetkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kuantitatif, meskipun hasil penelitian kuantitatif  ini akan peneliti tuangkan dalam menjelaskan kualitas dari ISO 9001 yang digunakan sebagai standar manajemen tempat penelitian (kualitatif) yang bertempat di masjid Al-Ikhlash Jatipadang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan melibatkan pengurus dan jamaah masjid Al-Ikhlash Jatipadang sebagai populasi dan sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukan kepuasan pada jamaah masjid Al-ikhlash jatipadang yang berarti ISO 9001, peneliti dapat menjelaskan bahwa penerapan ISO 9001 pada manajemen dakwah masjid Al-Ikhlash jatipadang memberikan mutu yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan yang dilaksanakan oleh masjid Al-Ikhlash Jatipadang. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Masjid Al-Ikhlas Jatipadang di sini dianalogikan sebagai produk yang diproduksi oleh masjid Al-Ikhlash Jatipadang, sehingga mutu dari kegiatan-kegiatan tersebut sangat memberikan pengaruh terhadap kepuasan jamaah.  Dan bahwa peneliti menggunakan dua variabel dalam mengumpulkan data yaitu variabel dependen dan variabel moderator  yang menunjukan keberhasilan atau pengaruh dari variabel independen penerapan ISO 9001 dalam manajemen Dakwah Masjid Al-Ikhlash jatipadang.

Keywords

ISO 9001 Manajemen Dakwah

Article Details

How to Cite
Priyadin, M. A., & Ratna Dewi, Y. (2021). Mengimplementasikan ISO 9001 Pada Manajemen Dakwah Masjid Al-Ikhlash Jatipadang. DIRASAT: Jurnal Studi Islam Dan Peradaban, 16(01), 40-56. https://doi.org/10.1001/ds.v16i01.133